ANALISIS REAKSI INVESTOR SAHAM PERUSAHAAN RITEL TERHADAP RAMADHAN EFFECT DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Sultan Risaldi Wisand Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas, Jember
  • Isti Fadah Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas, Jember
  • Lilik Farida Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
  • Intan Nurul Awwaliyah Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
  • Elok Sri Utami Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

DOI:

https://doi.org/10.19184/value.v4i1.53697

Keywords:

ramadhan, perusahaan ritel, event study, abnormal return

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis reaksi investor di pasar modal pada bulan Ramadan 2024 dengan fokus pada abnormal return saham perusahaan ritel yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode event study dengan menganalisis return sebelum dan sesudah Ramadan, dengan menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, dimana tingkat signifikansi di atas 5% menunjukkan data berdistribusi normal, dan di bawah 5% menunjukkan data berdistribusi tidak normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Paired Sample T-Test untuk data berdistribusi normal dan Wilcoxon Signed Rank Test untuk data berdistribusi tidak normal. Alat analisis yang digunakan antara lain Microsoft Excel 365 dan SPSS v29. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan abnormal return sebelum Ramadan (Sya'ban) dan sesudah Ramadan (Syawal), yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi di atas 5% pada kedua uji hipotesis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-16