Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen pada Produk Streaming Musik Spotify Premium

Authors

  • Syahfitri universitas jember
  • Raden Andi Sularso
  • Gusti Ayu Wulandari
  • *, Raden Roro Lia Chairina Politeknik Negeri Jember, Jember,

DOI:

https://doi.org/10.19184/value.v4i1.53690

Keywords:

E-Service Quality, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Minat Beli Uang, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat di seluruh Indonesia yang berusia minimal
18 tahun dan telah berlangganan Spotify Premium selama kurang lebih 3 bulan terakhir. Tujuannya
untuk mengetahui pengaruh langsung variabel kualitas layanan elektronik, kualitas produk, dan
persepsi harga terhadap niat beli ulang. Pengaruh langsung variabel kepuasan konsumen terhadap
niat beli ulang dan memediasi variabel kualitas layanan elektronik, kualitas produk, dan persepsi
harga terhadap niat beli ulang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner
dengan teknik purposive sampling terhadap 190 responden asal Indonesia yang telah berlangganan
Spotify Premium selama kurang lebih 3 bulan terakhir dan berusia minimal 18 tahun. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini
menyatakan bahwa: 1) Kualitas layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen. 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen. 3) Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 4) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. 5) Kualitas
layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. 6) Kualitas
produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. 7) Persepsi harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. 8) Kualitas layanan elektronik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai
variabel intervening. 9) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. 10) Persepsi harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel
intervening. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-16